Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru
Pegawai Lapas Kelas IIA Pekanbaru mengikuti pengarahan secara virtual

MENUJU PEMASYARAKATAN MAJU, LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELASII A PEKANBARU IKUTI WEBINAR DAN RAPAT KERJA

 

Pekanbaru, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pekanbaru mengikuti Webinar dan Rapat kerja bertajuk “Menuju Pemasyarakatan Maju” yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Riau pada Kamis 16/0921. Kegiatan ini berlangsung di ruang layanan kunjungan yang diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan staf.bertindak sebagai moderator adalah Kepala Divisi Pemasyarakatan M.Hilal.

Pada kegiatan kali ini ada beberapa materi yang yang disampaikan oleh narasumber. Narasumber pertama di buka oleh Mantan Sekjen Kemenkumham RI yakni Hasanudin Massaile beliau memberikan materi tentang organisasi. Dalam penjelasannya mengatakan ‘manusia modern itu harus berorganisasi.

Kemenkumham sebagai sebuah organisasi yang besar harus dimenej dengan baik. Setiap petugas harus punya kemauan yang kuat untuk belajar. ‘Banyak orang yang tidak tahu kalau dia tidak tahu’.selain itu factor komunikasi yang merupakan syarat mutlak dalam sebuah organisasi. Dengan komunikasi yang baik maka akan tercipta suatu pola hubungan yang baik pula.

Materi kedua diberikan oleh narasumber Adi sucipto. Beliau menjelaskan tentang pentingnya integritas pada diri aparatur sipil Negara (ASN) atau petugas Lapas dalam berhadapan dengan warga binaan.warga binaan harus dijadikan sebagai subjek bukan dijadikan sebagai objek.karena warga binaan adalah manusia maka harus diperlakukan layaknya sebagai manusia.

Setiap petugas Pemasyarakatan harus menyadari bahwa bekerja adalah sebuah amanah yang harus dipertanggung jawabkan baik di hadapan manusia maupun di hadapan tuhan.bekerja juga harus dianggap sebagai anugrah yang diberikan oleh tuhan yang maha esa kepada kita. Tidak semua orang bisa mendapatkan pekerjaan.oleh sebab pekerjaan yang ada sekarang ini harus disyukuri dengan baik.

Narasumber selanjutnya Agun ginanjar menjelaskan pentingnya kreatifitas. Dengan segala keterbatasan yang ada jangan lah menjadi alasan untuk tidak melakukan pekerjaan. Berpikirlah bagaimana caranya melakukan sesuatu di tengah keterbatasan. Oleh sebab itu kreatifitas sangatlah dibutuhkan dalam melahirkan inovasi inovasi baru. Agun juga menambahkan pentingnya integritas dalam bekerja. sebuah organisasi sepintar apapun seseorang di dalamnya bila tidak memiliki integritas maka dalam melakukan pekerjaan cenderung mencapai out put saja tidak mencapai out come.

Kompleksitas permasalahan yang dihadapi saat ini mulai dari virus covid-19, sampai dengan permasalahan klasik yang benama ‘overkapasitas’. Akan tetapi, hal tersebut tidak boleh menurunkan semangat jajaran Pemasyarakatan dalam memberikan pelayanan prima bagi narapidana, tahanan, anak, klien dan masyarakat. Kita harus melakukan Revolusi Digital sebagai akselerasi adaptasi untuk Pemasyarakatan Maju,“

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *