Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Pekanbaru

LAPAS PEKANBARU LAKSANAKAN PEMUSNAHAN BARANG BUKTI HASIL RAZIA

Info_PAS|Pekanbaru|Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pekanbaru melaksanakan kegiatan pemusnahan terhadap barang bukti hasil razia di area brandgang Lapas Pekanbaru, Rabu (14/09/2022).

 

Kegiatan pemusnahan ini dikomandoi langsung oleh Kepala Lapas Pekanbaru, Sapto Winarno, dengan didampingi oleh seluruh Pejabat Struktural Eselon IV dan Eselon V serta Staf Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP) dan Staf Seksi Administrasi Keamaan dan Ketertiban (Kamtib) Lapas Pekanbaru.

 

Kegiatan pemusnahan dilakukan dengan cara merendam di larutan garam dan membakar barang bukti di dalam tong sampah yang terbuat dari drum.

 

Pemusnahan barang bukti tersebut merupakan hasil dari razia rutin dan insidentil pada kamar blok hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) selama Bulan Januari hingga Agustus tahun 2022.

 

“Hari ini kita bersama sama mengadakan pemusnahan barang bukti hasil razia yang mana barang-barang tersebut yang tidak diperkenankan berada di dalam Lapas. Kegiatan razia pada kamar blok hunian WBP kita lakukan secara berkala atau rutin dan insidentil, seperti baru saja 2 hari yang lalu Satops Patnal Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau yang dipimpin langsung oleh Bapak Kadivpas melakukan Inspeksi/razia mendadak di blok hunian dan dibantu seluruh Satopspatnal Lapas Kelas IIA Pekanbaru, dan hari ini pun ikut kita musnahkan barang bukti hasil razia tersebut,”ucap Sapto.

 

Kalapas menegaskan bahwa pihaknya akan terus berkomitmen dalam upaya meningkatkan kewaspadaan maupun pencegahan gangguan keamanan dan ketertiban di dalam lapas, dengan mensiagakan Satops Patnal untuk terus melakukan penggeledahan kamar blok hunian warga binaan.

 

“Sebenarnya untuk petugas kita sudah memiliki integritas yang luar biasa, baik itu yang ada di P2U, maupun yang di Pos Wastrik termasuk pada filter terakhir yang ada di Komandan Jaga semuanya melalui pemeriksaan baik badan maupun barang, namun seperti ada istilah banyak jalan menuju roma untuk menyeludupkan barang-barang itu namum demikian kami tidak patah semangat dan teman-teman tetap semangat untuk melaksanakan deteksi dini kemudian tindak lanjut seperti razia yang telah kita laksanakan,”ungkap Sapto.

 

Adapun barang-barang yang dimusnahkan hari ini, diantaranya: handphone, charger, senjata tajam rakitan, peralatan elektronik, kabel dan barang yang dilarang lainnya. Pelaksanaan pemusnahan barang bukti hasil razia berjalan lancar dan kondusif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *